Rabu, 12 Februari 2020

Cara Memilah Sampah Ember

Cara Memilah Sampah Ember Menjadi Siap Giling

Sampah An Organik menjadi perhatian penting bagi Negara di Dunia khususnya di Negara Indonesia. Apabila persoalan sampah tidak bisa diatasi akan menjadi permasalah yang serius. Dalam hal ini peran masyarkat sangat penting untuk bisa meminimalisir Penggunaan sampah An Organik dengan cara : 1) Mengurangi pemakaian barang yang bisa menjadi sampah An Organik. 2) Memanfaatkan kembali barang bekas menjadi barang yang bisa bermanfaat walaupun berubah fungsi. 3) Memilah Sampah An Organik yang bisa didaur ulang dan menjual ke Pabrik Daur Ulang Sampah An Organik.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara memilah sampah An Organik yang bisa didaur ulang. 

Dalam Kesempatan ini, saya ingin memberikan informasi tentang cara memilah sampah An Organik Jenis Ember.

Dalam Dunia Daur Ulang Sampah Plastik, ada yang namanya Plastik Emberan. Perlu kita ketahui yang dimaksud Plastik Emberan itu bukan hanya yang berbentuk Ember, namun kata Plastik Emberan itu hanya untuk mempermudah cara pengenalan barang dan mempermudah cara memilah.

Plastik Emberan atau dalam istilah Kode Plastik itu (PP)

Ciri-ciri Plastik Emberan adalah : (1) Terapung apa bila diletakkan di air, (2) Kebanyakan Bukan Berbentuk Botol, (3) Kode Plastik (PP) dan Tertera No 5, (4) Kebanyakan Barang Perabot Rumah Tangga.

Ini adalah Sampah Plastik yang masuk dalam Jenis Plastik Emberan

Plastik Emberan
Kali ini saya akan memberikan Informasi tentang Cara Memilah Sampah Plastik Emberan untuk dijual ke Pabrik Daur Ulang Plastik.


1. Ember Bening atau PP Bening Tebel (Siap Daur Ulang)

1. PP Bening Tebel atau PP Injek
2. Ember Putih atau PPPK (Siap Daur Ulang)

2. Ember Putih atau PPPK

3. Ember Merah atau PPW Merah (Siap Daur Ulang)
Pengelompokan Warna : Merah + Pink (Warna Dominan Merah)

3. Ember Merah atau PPW Merah

4. Ember Kuning atau PPW Kuning (Siap Daur Ulang)
Pengelompokan Warna : Kuning + Hijau + Oren + Emas (Warna Dominan dari masing2 warna)

4. Ember Kuning atau PPW Kuning

5. Ember Biru atau PPW Biru (Siap Daur Ulang)
Pengelompokan warna : Biru + Abu2 + Ungu (Warna Dominan dari Masing2 Warna)

5. Ember Biru atau PPW Biru
6. Ember Hitam atau PPH (Siap Daur Ulang)

6. Ember Hitam atau PPH
Hal yang perlu diperhatikan adalah bahan sampah plastik yang sudah dipilah sesuai warna diatas tidak boleh tercampur batu,besi, tanah, air dan lain-lain yang bukan termasuk jenis Plastik Emberan atau PP. Sedangkan untuk market penjualnya bisa ke Pabrik Daur Ulang Plastik terdekat dari lokasi teman-teman berada.

Cara Memilah Sampah Plastik Emberan diatas adalah yang biasa saya lakukan dan apabila ada pengelompokan warna yang tidak sesuai maka ikuti apa yang diminta oleh pembeli untuk pengelompokan warnanya.

sekian semoga bermanfaat, salam PPJ Rongsok








Tidak ada komentar:

Posting Komentar