Sabtu, 15 Februari 2020

Cara Memilah Sampah Botol Plastik

Sampah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dalam kesempatan ini saya akan memberikan informasi tentang cara Merubah Sampah Menjadi Bukan Sampah. 

Pembahasan kali ini adalah lebih menghususkan ke sampah An Organik jenis Botol Plastik. Karena sampah botol plastik merupakan sampah yang banyak dijumpai di lingkungan kita. Apabila hal ini tidak ada gerakan untuk menangani sampah botol plastik, ini akan menjadi masalah yang serius di kemudian hari untuk kesehatan lingkungan kita.


Sampah botol plastik bisa menjadi sebuah prudak yang bernilai jual apabila kita mampu untuk memanfaatkan sampah botol plastik. Sampah botol plastik juga masih tergolong sampah an organik yang bisa didaur ulang oleh pabrik plastik menjadi sebuah prudak lagi. Oleh karena itu, kami akan memberi informasi Cara Memilah Sampah Botol Plastik yang masih mempunyai harga jual lumayan tinggi.

A. Pengumpulan Sampah Botol Plastik
  • Proses ini merupakan proses dimana kita mengumpulkan sampah botol plastik untuk di bersihkan.
  • Ciri sampah botol plastik bisa kita ketahui melalui berbagai cara yaitu : (1) Sampah botol plastik mempunyai tanda Segi Tiga dibagian bawah yang bertuliskan PET/PETE ber Nomor 1. (2) Sampah ini berbentuk botol dan memiliki pusar dibawah botol. (3) Sampah ini apabila kita sobek sedikit dan dimasukan dalam air akan tenggelam.
B. Pembersihan
  • Proses ini merupakan proses pemisahan lebel botol plastik dan tutup botol dari sampah botol plastik. Bisa dilihat proses Pembersihan KLIK DISINI


C. Pemisahan Warna
  • Setelah melalui proses pembersihan, botol plastik dipisah sesuai warnanya untuk bisa meningkatkan harga jual. Ini Adalah Cara Pemilahan Warna Sampah Botol Plastik.
1. PET Bening Bersih (untuk melihat harga klik pada gambar)






2. PET Blue Ice Bersih (untuk melihat harga klik pada gambar)





3. PET Biru (untuk melihat harga klik pada gambar)





4. PET Hijau (untuk melihat harga klik pada gambar)




5. PET Putih Susu (untuk melihat harga klik pada gambar)


Penjelasan diatas merupakan cara sortir yang biasa kami lakukan selaku pelaku usaha rongsok. Apabila ada pemilahan sampah botol plastik diwilayah kita berbeda, kami mohon maaf. 

Sekian Semoga Bermanfaat
Salam PPJ Rongsok







Tidak ada komentar:

Posting Komentar